Cari Blog Ini

Jumat, 24 Februari 2023

Bab 5 KHALIFAH ALI bin ABI THALIB r.a & Peran Ali r.a sebagai Pemberani.

     Dengan terbunuhnya Khalifah Utsman bin Affan maka berakhirlah ketiga KhulafaurRasyidin. Sejak itulah perlu ada pengganti untuk meneruskan pemerintahan yang dibangun secara demokratis itu. Atas kesepakatan umat Islam, Ali bin Abi Thaliblah diangkat sebagai penggantinya. Mengapa Ali bin Abi Thalib yang diangkat? Apakah Ali bin Abi Thalib yang lebih memenuhi syarat dari yang lain? Untuk mengetahui secara pasti ikutilah keterangan pada materi berikut ini.
2. Ali bin Abi Thalib Semasa Kecil
     Ali bin Abi Thalib adalah putra paman Rasulullah saw. Ketika Ali masih kanak-
kanak, penduduk Mekkah dilanda kelaparan. Untuk mengurangi penderitaan Abu Thalib, maka Muhammad saw memohon kepada pamannya Abbas untuk
memberikan bantuan kepada Abi Thalib. Maka diputuskanlah hal tersebut, Abbas
membantu memelihara Ja'far sedangkan Muhammad saw membantu Ali.

Sejak saat itu, Ali tumbuh menjadi remaja yang baik di bawah didikan Nabi
Muhammad saw. Nabi Muhammad saw senantiasa memberikan perhatian dan kasih sayangnya kepada Ali. Ketika Muhammad saw diutus menjadi Nabi, Ali berumur 13 tahun. Dialah orang pertama yang masuk Islam setelah Siti Khadijah (isteri Nabi).

B. Kepribadian Ali bin Abi Thalib r.a
1. Perilaku Ali bin Abi Thalib r.a
     Ali dibesarkan di rumah Nabi Muhammad saw. Walaupun masa kecil Ali bersama Nabi Muhammad saw sebelum menjadi Nabi, namun didikan Muhammad Saw kepada Ali sungguh sudah mencerminkan perilaku Islami. Nabi  Muhammad saw mengajarkan untuk senantiasa berbuat baik. Misalnya, Muhammad saw men-
contohkan sikap jujur dan bertanggung jawab, selalu berkata benar (Shiddiq), tak
pernah berbohong, suka bersilaturrahmi, suka menolong sesama mereka,
memuliakan tamu dan mendukung usaha-usaha kemuliaan, mengasihi yang kecil
dan menghormati yang lebih besar dan sifat-sifat baik lainnya. Para ahli sejarah
sepakat mengatakan, bahwa Nabi Muhammad saw sejak kecil tidak pernah terbawa atau tergoda untuk menyembah berhala. Allah swt senantiasa menjaga Nabi Muhammad saw sejak sebelum menjadi Nabi. Dalam suasana seperti itulah Ali bin Abi Thalib hidup bersama Nabi Muhammad saw.
     Setelah menerima wahyu yang pertama, Nabi Muhammad saw menyeru kepada keluarganya untuk memeluk Islam. Siti Khadijah yang senantiasa mendukung
perjuangan Nabi, tentu saja menjadi pemeluk Islam pertama. Kemudian Zaid, anak angkat Nabi Muhammad saw yang senantiasa mengantar makanan kepada Nabi Muhammad semasa berkhalwat di Gua Hira.
     Ali menyaksikan dengan saksama ketika Nabi Muhammad saw dan Siti  Khadijah melakukan shalat. Ali memperhatikannya dengan heran. Setelah Nabi selesai melakukan shalat bersama Siti Khadijah, Ali menanyakan apa yang baru saja dilihatnya. keberanian Ali tersebut, Rasulullah saw mengajaknya untuk memeluk Islam. Rasulullah menerangkan kepada Ali, "Ini adalah agama Allah yang diridhai-Nya dan telah diutus rasul-rasul sebelumku untuk menyampaikannya. Aku mengajakmu untuk beriman kepada Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan sekaligus menyembah-Nya dan ingkarilah Lata dan Uzza". Kemudian Ali yang masih kecil itu menjawab, "Apa yang Anda katakan itu suatu yang benar, karenanya sebelum aku mengambil keputusan, akan aku rundingkan dahulu dengan ayahku". Mendengar jawaban Ali demikian polosnya, Nabi berkata, "Wahai Ali jika kamu belum masuk Islam, sebaiknya dirahasiakan saja berita ini".
     Malam hari setelah kejadian tersebut, Ali mendapat petunjuk dari Allah swt.
Pagi harinya ia siap menyatakan diri masuk Islam. Ali bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara aku memeluk Islam?" Rasulullah menjawab, "Ikrarkan bahwa tidak ada tuhan selain Allah, tak ada sekutu bagi-Nya sekaligus kamu lepaskan kepercayaan kepada semua berhala". Dengan mengucapkan ikrar sebagaimana disuruh Rasulullah, maka resmilah Ali bin Abi Thalib memeluk agama Islam.

2. Kedudukan Ali bin Abi Thalib Sesudah Masuk Islam
     Ali termasuk anak yang cerdas dan berani. Dengan kedua sifatnya itu, walau
masih dalam usia anak-anak, ia senantiasa membela Islam dan Nabi.
Setelah turun wahyu asy-Syu'ara': 214.
وانذر عشيرتك الأقربين
Artinya: "Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu (Muhammad) yang
terdekat". (QS. asy-Syu'ara'/26:214)
     Kemudian Rasulullah saw meminta Ali bin Abi Thalib untuk mendampinginya
dalam suatu perjamuan. Nabi mengundang semua kaum kerabatnya. Nabi menjamu mereka dengan sopan dan makanan yang cukup. Kemudian Nabi hendak berbicara,
namun Abu Lahab menyuruh para hadirin tersebut untuk bubar. Maka undangan pun
bubar. Rasulullah saw tetap sabar dan tidak putus asa.
     Di hari yang lain Rasulullah saw mengundang mereka kembali. Ali diminta
bantuannya oleh Rasulullah saw untuk membantu menyiapkan hidangan. Setelah
menikmati hidangan, Rasulullah saw menyampaikan dakwah kepada para hadirin, yang terdiri atas kaum kerabat beliau. Isi dakwah Rasulullah saw kurang lebih sebagai berikut, "Saya tidak tahu kalau ada seorang dari bangsa Arab yang
membawakan pada kaumnya sesuatu yang lebih baik daripada yang saya bawakan kepada Anda. Saya membawakan kepada Anda satu kebaikan guna kebaikan Anda di dunia dan akhirat. Saya diperintahkan Tuhanku mengajak Anda kepada-Nya.
Siapakah di antara Anda yang mau menolongku dalam pekerjaan ini?"
     Mendengar ajakan Rasulullah saw tersebut, mereka saling memandang dan
bahkan ada yang hendak segera meninggalkan tempat pertemuan tersebut. Saat itulah, Ali yang masih muda belia itu bangkit dan berucap, "Saya, wahai Rasulullah!
Saya siap menjadi penolongmu yang setia; saya berjanji akan memerangi orang
yang engkau perangi". Mendengar keberanian Ali tersebut, banyak hadirin yang senyum menyindir. Terutama senyum sindiran itu ditujukan kepada Abi Thalib, ayah Ali. Kemudian pertemuan pun bubar.

C. Keberanian Ali bin Abi Thalib r.a
     Mengerjakan ibadah shalat (bukan yang lima waktu) sudah sejak kerasulan
Muhammad disyari'atkan. Setiap kali datang waktu shalat, Nabi Muhammad saw dan Siti Khadijah, bahkan terkadang bersama Ali datang ke suatu tempat yang terpencil untuk melaksanakan shalat. Suatu kali, kegiatan tersebut diketahui oleh Abi Thalib, ayah Ali. Beliau bertanya, baik kepada Nabi sendiri maupun kepada putranya Ali. Beliau bertanya kepada Ali, "Wahai Ali, agama apa yang kamu peluk itu?" Kemudian Ali menjawab pertanyaan ayahnya itu dengan sopan dan berani, "Ayahku, sesungguhnya aku telah beriman kepada Allah swt dan Rasul-Nya dan aku pun meyakini sepenuhnya segala apa yang disampaikannya aku pun telah shalat bersamanya dan mentaati semua perintah-Nya" Mendengar kemantapan, jawaban putranya tersebut, Abi Thalib berkata, "Sesungguhnya dia telah mengajakmu kepada kebaikan, karena itu berpegang teguhlah kepadanya".

1. Keberanian Ali Menghadapi Kaum Kafir Quraisy
Rasulullah saw mengadakan pengajian sebagai bahan komunikasi dan memantapkan keimanan serta berdakwah di rumah Al Arqam bin Abil Arqam Rumah
tersebut, yang kemudian dikenal dengan Daarul Arqam terletak di belakang bukit.
Shafa. Masyarakat Mekkah dan sekitarnya yang ingin datang ke sana dan ingin
bertemu dengan Rasulullah saw senantiasa dihadang oleh kaum kafir Quraisy. Hal ini sering diperhatikan oleh Ali bin Abi Thalib. Kemudian dengan keimanannya dan keberaniannya, ia mengantar orang-orang tersebut untuk bertemu Rasulullah saw.

2. Ali bin Abi Thalib Setelah Dewasa
     NggakiniSemakin dewasa, keimanan Ali bin Abi Thalib semakin mantap. Kemantapan tersebut membuatnya menjadi semakin dikenal orang. Tanggung jawab yang dipikulnya kemudian menjadi semakin berat. Beberapa ujian yang merupakan pengorbanannya untuk Islam antara lain:
Menjadi pensar Ketika sebagian umat Islam sudah berhijrah ke Madinah, kaum kafir Quraisy semakin marah dan memusuhi Nabi. Pada suatu hari yang telah direncanakan, kaum kafir Quraisy ingin membunuh Rasulullah saw. Mereka mengepung rumah Rasulullah saw dengan pasukan yang lengkap dengan pedang terhunus.
Di kemalaman yang kelam. Allah swt memberikan petunjuk kepada
Rasulullah saw untuk berhijrah ke Madinah bersama Abu Bakar. Rasulullah saw malam itu juga menyuruh Ali untuk tidur di tempat tidurnya. Setelah Ali bin Abi Thalib pindah ke tempat tidumya, Rasulullah saw bersama Abu Bakar pun keluar dari rumah dengan meminta perlindungan dan petunjuk dari Allah swt. Sambil membaca permulaan Surah Yasin, Rasulullah saw mengambil sejumput pasir.
Kemudian pasir tersebut ditaburkan kepada para pengepung tersebut. Hal ini
sebagaimana firman Allah dalam Surah Yasin ayat 8-9:
إنا جعلنا في أعناقهم اغلا فهي إلى الأذقان فهم مقمخون. وجعلنا
من بين ايديهم سدا ومن خلفهم سدا فاغشيهم فهم لايبصرون
Artinya: "Sungguh, Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu
tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah.
Dan Kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka,
sehingga mereka tidak dapat melihat".  (QS. Yasin/36:8-9)
     Kemudian Rasulullah saw beserta Abu Bakar keluar dengan tenang dan
selamat. Para pengepung baru tersadar pagi harinya. Namun begitu, mereka
masih belum merasa yakin Rasulullah saw sudah keluar rumah, karena mereka
masih melihat selimut Rasulullah saw. Ketika hari siang, maka Ali bin Abi Thalib
pun bangun. Barulah mereka merasa gagal dan tertipu
b. Hijrah ke Madinah dengan berjalan kaki
     Ali bin Abi Thalib dipesan agar menyusul ke Madinah setelah
mengembalikan barang-barang yang dipinjam Rasulullah saw kepada
pemiliknya Setelah mengembalikan barang-barang tersebut, maka bersegeralah ia berhijrah ke Yatsrib (Madinah) dengan berjalan kaki.
Ditempuhnya padang pasir yang panas membara di siang hari. Di siang hari ia
lebih banyak beristirahat, dan pada malam harinya ia tempuh perjalanan dengan berlari-lari kecil. Dengan demikian, ia masih dapat berjumpa dengan Rasulullah saw, ketika beliau masih berada di Quba
      Ketika diberitahukan bahwa Ali bin Abi Thalib sampai dengan selamat, maka Rasulullah saw menyuruhnya masuk. Tapi ketika diberitahukan kepada
Rasulullah saw, bahwa Ali tidak bisa berjalan karena kakinya bengkak-bengkak, maka Rasulullah saw segera mendatanginya. Kemudian Rasulullah memeluk Ali bin Abi Thalib. Kaki Ali yang luka diobati oleh Rasulullah saw dan atas izinAllah luka tersebut sembuh.

c. Peran Ali bin Abi Thalib dalam beberapa peperangan
1. Perang Badar Kubra
Perang ini terjadi pada tahun ke-2 H. Perang ini berawal dari perang tanding. Dari pihak Quraisy tampil 3 orang, yaitu Utbah bin Rabi'ah, Syaibah bin Rabi'ah, dan Al Walid bin Utbah. Dari pihak kaum Muslimin, Rasulullah memerintahkan Hamzah, Ali, dan Ubaidah bin Harits. Hamzah bertarung melawan Syaibah, yang dimenangkan oleh Hamzah. Ali bertarung melawan Al Walid, yang juga dimenangkan oleh Ali. Adapun Ubaidah yang melawan Utbah, saling melukai. Kemudian Ali dan Hamzah segera membantunya, maka Utbah pun tewas. Ubaidah banyak mengeluarkan darah, sehingga ia pun wafat.

2. Perang Khandaq
     Perang Khandaq merupakan perang yang menggunakan parit sebagai
pertahanan kaum Muslimin. Dalam perang Khandaq yang menarik adalah
terjadinya perang tanding antara Ali bin Abi Thalib dengan Amru bin Abdu Wudd. Amru dikenal keperkasaannya dan mendapat julukan si seribu orang ksatria. Dengan kesombongannya, ia menantang kaum muslimin untuk bertanding. Dengan sombongnya Amru menantang, "Siapa berani menghadapiku? Kalau kalian mati dalam perang akan masuk surga, sedangkan kami akan masuk neraka; siapa yang ingin masuk surga, lawanlah aku! Aku sudah haus neraka! Hayo, siapa berani?" Kemudian Aliññmenjawab dengan lantang, "Saya akan lawan kamu!" Pada awalnya Rasulullah saw melarang Ali. Namun untuk ketiga kalinya, akhirnya Rasulullah saw mengizinkan. Dengan kesombongannya Amru mengejek
Ali, sambil berkata, "Wahai Ali, bukankah masih banyak paman-pamanmu
yang perkasa? Saya tak sampai hati membunuhmu!"Dengan tegas Ali menjawab, "Tetapi aku ingin membunuhmu!" Mendengar perkataan
tersebut, Amru marah dan menyerang Ali. Namun akhirnya Amru tewas di tangan Ali bin Thalib.

d. Peran Ali bin Abi Thalib pada masa Khalifah Abu Bakar
     Ketika pembai'atan Abu Bakar sebagai Khalifah, Ali dipanggil oleh Abu
Bakar. Pada waktu itu Ali bin Abi Thalib tidak ada di antara para hadirin. Setelah
Ali datang, maka dilakukan pembai'atan.
     Di hari yang lain pada saat Khalifah bergegas hendak memerangi kaum
murtad di perang Dzil Qishash dan telah menaiki kudanya, Ali menasihati dan
mencegahnya. Ali bin Abi Thalib menasihati agar Khalifah tetap tinggal di
Madinah.
     Ali bin Abi Thalib selalu dekat dengan Khalifah Abu Bakar dalam segala situasi. la selalu memberikan saran-saran yag baik kepada Khalifah dalam
meningkatkan pemerintahan.

e. Peran Ali bin Abi Thalib pada masa Khalifah Umar bin Khaththab
     Pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khaththab, Ali bin Abi Thalib
senantiasa membantu. Ali membantu semua urusan Khalifah dari yang besar
sampai yang kecil. Misalnya:

1. Ali bin Abi Thalib membantu Khalifah dalam mendiktekan dan mencatat
hewan-hewan sedekah bersama Utsman bin Affan.

2. Saat terjadi pertempuran yang seru dan menegangkan di Irak dan Syam,
Khalifah hendak berangkat untuk memberi motivasi kepada kaum muslimin.
Hñal itu dicegah oleh Ali bin Abi Thalib. Kemudian Khalifah Umar bin Khaththab tidak jadi berangkat karena nasihat-nasihat Ali bin Abi Thalib.
Ini terbukti bahwa Ali bin Abi Thalib terlibat sampai ke urusan penting dan
ia sangat mencintai Khalifah.

3. Dalam menentukan kalender hijrah, pada masa itu kaum muslimin berselisih
pendapat. Ada yang mengusulkan kalender hijrah tersebut dihitung sejak
Nabi lahir. Ada juga yang ingin menyamakannya dengan kalender Romawi.
Kemudian Ali bin Abi Thalib mengusulkan, untuk kalender hijriyah dihitung sejak hijrahnya Nabi Muhammad saw. Hal ini disetujui oleh Khalifah Umar bin Khaththab.

f. Peran Ali pada masa Khalifah Utsman bin Affan
     Seperti halnya kepada khalifah terdahulu, kepada Khalifah Utsman pun Ali
senantiasa membantu dalam berbagai urusan. Utsman bin Affan adalah khalifah
ketiga setelah Nabi wafat. Beliau terkenal karena sifatnya yang lembut.
Sebenarnya calon kuat menjadi khalifah setelah Umar adalah Utsman dan Ali.
Namun karena Utsman bin Affan dianggap lebih tua, maka beliau dibai'at
menjadi khalifah.
1. Pada waktu Khalifah Utsman bin Affan menggandakan Al-Qur'an dan
membagi-bagikannya kepada empat kota yang dikuasai kaum muslimin, Ali mendukung hal itu. Ali juga membantu menjelaskan kepada kaum
muslimin yang ragu dan mengkritik khalifah serta menjelaskan kebaikan-
kebaikan langkah khalifah tersebut.

2. Ali menggagalkan rencana demonstrasi oleh kelompok yang dipimpin oleh
Muhammad bin Abu Bakar dan Muhammad bin Abu Huzaifah. Mereka
berencana mengadakan demonstrasi kepada khalifah. Mereka menganggap khalifah lemah dalam mengadakan pengawasan terhadap bawahannya. Namun  dan hal yang terjadi sebenarnya. Usaha Ali bin Abi Thalib berhasil dengan baik. Ali bin Abi Thalib kemudian melaporkannya kepada Khalifah Utsman bin Affan. Khalifah sangat gembira. Selanjutnya Ali pun memberikan saran-saran lanjutan kepada khalifah dan khalifah pun menerima saran-saran tersebut.

3. Pada saat terjadi pengepungan terhadap rumah Khalifah Utsman bin Affan
oleh para pemberontak, Ali dan putranya Hasan dan Husen menjaga rumah
Khalifah. Banyak sahabat yang tak berani keluar rumah pada waktu itu.
Mereka hanya mengirimkan putra-putranya untuk ikut mengamankan rumah
khalifah. Karena para pemberontak tersebut cukup banyak dan mereka
sudah kerasukan setan, akhirnya jiwa khalifah tidak dapat diselamatkan.
Peristiwa tersebut terjadi pada hari Jum'at tanggal 18 Zulhijah tahun 35 H.

D. Proses Pemilihan All bin Abi Thalib r.a sebagai Khalifah 
1. Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah (35-40 H/656-661 M)
Setelah wafatnya Utsman bin Affan, keadaan tetap menegangkan. Kelompok-
kelompok pemberontak masih berkeliaran di Madinah. Para pemuda banyak yang
mendesak agar Ali segera menggantikan. Namun dengan tenang Ali menolak desakan tersebut. Ali bin Abi Thalib memandang, masih banyak sahabat yang dulu berjuang bersama Nabi Muhammad saw. Sahabat-sahabat tersebut antara lain
adalah Thalhah bin Ubaidillah dan Sa'ad. Mendengar hal itu, kaum muslimin segera
mengajak Ubadillah dan Sa'ad bergabung membai'at Ali bin Abi Thalib. Mereka
setuju dan terjadilah pembaiatan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah ke empat bagi
umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad saw.

2, Usaha-Usaha yang Dilakukan Ali bin Abi Thalib Setelah Dilantik sebagai
Khalifah
     Suasana pemerintahan dan keadaan masyarakat pada masa Ali sudah sangat
jauh berbeda dengan para pendahulunya. Maka untuk mengatasi hal ini, Khalifah
Ali bin Abi Thalib mengambil kebijaksanaan antara lain :
a. Mengganti para gubernur yang diangkat oleh Khalifah Utsman. Semua gubernur
yang diangkat oleh Khalifah Utsman banyak yang tidak disenangi oleh kaum
muslimin. Bahkan banyak yang menganggap bahwa gubernur-gubernur itulah yang menyebabkan timbulnya pemberontakan-pemberontakan pada masa khalifah. Adapun gubernur yang diangkat sebagai pengganti adalah:
- Sahl bin Hanif sebagai Gubernur Syiria.
- Utsman bin Hanif sebagai Gubernur Basrah.
- Qais bin Sa'ad sebagai Gubernur Mesir.
- Umrah bin Shihab sebagai Gubernur Kufah.
- Ubaidah bin Abbas sebagai Gubernur Yaman.

b. Menarik kembali tanah milik negara.
Pada masa Khalifah Utsman bin Affan memerintah, banyak pejabat yang
menguasai harta negara. Mereka diberikan berbagai fasilitas oleh Khalifah.
Banyak di antara mereka yang bergelimang harta dan bahkan suka merongrong Khalifah Utsman bin Affan. Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib, Khalifah Ali memerintahkan semua harta yang dianggap milik negara ditarik kembali. Hal ini dilakukan untuk membersihkan pemerintahan, ...

E. Kecintaan Ali r.a pada Ilmu Pengetahuan Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib, ilmu pengetahuan sangat diutamakan.
Beliau memiliki kelebihan dibandingkan dengan khalifah-khalifah yang lain. Dia adalah pemimpin yang cerdas dan gesit, perumus kebijaksanaan yang mengarah kepada kebaikan masa depan. Beliau seorang pahlawan yang gagah berani, penasihat hukum yang ulung, pemegang teguh tradisi, sahabat sejati, dan seorang kawan yang dermawan.
Sejak muda Ali dikenal sebagai orang yang berani dan tangkas berperang, dia
mencintai ilmu pengetahuan. Di dalam menata pemerintahan beliau tidak lepas dari landasan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Dalam mengatur bidang politik, militer, dan pembangunan beliau berdasarkan ilmu pengetahuan umum, sedang bidang agama dia berlandaskan kepada Al-Qur'an dan sunnah Nabi atau hadis.
Banyak di antara mereka yang bergelimang harta dan bahkan suka merongrong Khalifah Utsman bin Affan. Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib, Khalifah Ali memerintahkan semua harta yang dianggap milik negara ditarik kembali.
Hal ini dilakukan untuk membersihkan pemerintahan.
Beliau menganjurkan kepada muslimin untuk terus belajar dan menggali ilmu
pengetahuan, demi masa depan bangsa dan agama dan rongrongan kaum
pemberontak.
Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib, daerah kekuasaan Islam sudah semakin luas. Banyak di antara daerah kekuasaan Islam tersebut yang tidak mengerti bahasa Arab. Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan Khalifah, karena ajaran Islam disampaikan dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, Khalifah Ali bin Abi Thalib berinisiatif untuk menyempurnakan bahasa Arab. Maka diperintahkannya Abul Aswad al Duah untuk memberikan tanda baca dan mengarang kitab pokok-pokok ilmu nakwa. Dengan demikian, kaum muslimin yang bukan berasal dari Arab mampu mempelajari Al-Qur'an dan Hadis dengan baik.
Sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya halaqah-halaqah di masjid, maka ilmu pengetahuan pun ikut berkembang. Kaum muslimin yang pandai semakin banyak. Dari sinilah muncul kaum cendekia di kalangan kaum muslimin.
Ilmu-ilmu yang berkembang dan tokoh-tokoh cendekia yang mengajarkan dan
memperkenalkan, antara lain :
1. Al-Qur'an, Hafalan, dan Bacaan (Qira'at), tokoh perintis dan yang me-
ngembangkannya antara lain : Khabbab, Abdullah bin Mas'ud.
2. Ilmu Tafsir, tokoh perintisnya antara lain : Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas'ud,
Abdullah bin Abbas, dan Ubay bin Ka'ab.
3. Ilmu Fiqih, tokoh pengembangnya antara lain: Abdullah bin Mas'ud, Mu'adz bin Jabal, Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Abbas, dan Abu Musa Al Asy'ari.
4. Ilmu Hadits, tokoh pengembangnya antara lain : Siti 'Aisyah, Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, dan Anas bin Malik.
5. Ilmu Bahasa, tokoh pengembangnya antara lain: Zaid bin Tsabit.

F. Ali bin Abi Thalib ra Wafat
Perang Shiffin yang terjadi antara pasukan kaum muslimin dengan Muawiyah adalah
akar dan wafatnya Khalifah Ali bin Abi Thalib. Dalam perang ini Muawiyah mengajak berdamai dengan khalifah dengan mengangkat Al-Qur'an. Dengan desakan dari para sahabat, akhimya khalifah menerima ajakan damai tersebut. Maka diadakanlah gencatan
senjata.
     Dalam perdamaian tersebut, mereka sepakat untuk mengadakan perundingan.
Pihak Muawiyah diwakili oleh Amr bin Ash. Sedangkan pihak Ali diwakili oleh Abu Musa Al Asy'ari. Dengan kelicikannya, Amr bin Ash mampu mengelabui Abu Musa Al Asy'ari.
Dalam perundingan keduanya sepakat untuk menyuruh mundur Ali dan Muawiyah dari kekhalifahan, selanjutnya khalifah akan diputuskan dari kesepakatan umat Islam. Abu Musa berpidato lebih dahulu. la menyatakan mundurnya Ali dari kursi kekhalifahan.
Kemudian naik Amr bin Ash, yang dalam pidatonya ia menyatakan persetujuannya tentang pendapat Abu Musa Al Asy'ari itu. Kemudian ia menyatakan kemunduran Muawiyah dari kekhalifahan, tapi ia juga kemudian mengukuhkan kembali Muawiyah sebagai khalifah.
     Sejak peristiwa tersebut, dalam kelompok Ali bin Abi Thalib terjadi perpecahan. Ada yang menamakan kelompok "Khawarij" (artinya keluar). Mereka menganggap Ali lemah. Bahkan mereka menganggap orang-orang yang terlibat dalam perundingan (Ali, Muawiyah, dan Amr bin Ash) adalah kafir. Mereka bersepakat untuk membunuh ketiga orang tersebut. Namun yang berhasil terbunuh hanya Ali bin Abi Thalib Khalifah Ali bin Abi Thalib terbunuh pada tanggal 17 Ramadhan tahun 40 H. Beliau dibunuh oleh Abdurahman bin Muljam.



Penulis: SYAIHUDDIN, S. Pd
Alamat: Kertosono Ramah, Gading-Probolinggo.

#Khalifahalibinabithalib
#AlibinabiThalib
#SKI
#Syaihuddin

D. Proses Pemilihan Ustman bin Affan r.a sebagai Khalifah


    
      
     Utsman bin Affan menjadi Khalifah (23-35 H/644-656 M). Proses pengangkatannya
adalah sebagai berikut..
      Umar bin Khaththab wafat ditikam oleh komplotan anti Islam tahun 23 H/644 M,
komplotan anti Islam itu terdiri atas:
a. Hurmuzan, seorang pembesar bangsa Persia yang telah kehilangan kekuasaan
dan kedudukannya, kemudian menjadi orang biasa dan tinggal di Madinah.
b. Jufainah, berasal dari Persia, semula beragama Nasrani, kemudian masuk Islam,
menjadi guru di Madinah.
c. Abu Lu'lu'ah yang berasal dari Persia. Ia adalah seorang tawanan perang yang
dibawa ke Madinah sebagai budak. Abu Lu'lu'ah yang melaksanakan pembunuhan
terhadap Umar pada waktu sedang shalat subuh.
     Umar tidak mati seketika. la sempat berwasiat dan menunjuk tim yang terdiri atas
enam orang sahabat terkemuka, untuk menentukan dan memilih khalifah sebagai
penggantinya.
Keenam sahabat tersebut adalah :
a. Utsman bin Affan,
b. Ali bin Abi Thalib,
c. Abdurrahman bin Auf,
d. Thalhah bin Ubaidillah,
e. Zubair bin Awwam,
f. Sa'ad bin Abi Waqqash.
     Umar menganjurkan agar putranya, Abdullah ibnu Umar, ikut sebagai peserta
musyawarah tapi tidak boleh dipilih menjadi khalifah. Mereka bermusyawarah,
Abdurrahman mengemukakan sebuah usul. Usulnya sebagai berikut:
a. Dia sebagai pribadi melepaskan haknya sebagai calon khalifah.
b. Sebagai imbalan pelepasan hak itu, dia menjadi ketua tim formatur yang menentukan
calon yang menduduki kursi khalifah.
c. Penentuan dan pemilihan calon khalifah dilakukannya setelah mendengar suara
anggota tim dan suara umat.
     Usulnya itu disetujui oleh semua anggota tim. Hasil musyawarah menunjukkan bahwa
suara berada pada posisi seimbang antara yang memilih Ali dan Utsman. Karena Utsman
lebih tua, Abdurrahman menetapkan Utsman bin Affan sebagai pengganti Umar. Usul itu
disetujui oleh anggota tim. Akhirnya Utsman bin Affan diangkat dan dibai'at sebagai
khalifah yang menggantikan Umar bin Khaththab.

E. Jasa Utsman bin Affan r.a
Setelah beliau diangkat sebagai khalifah, program selanjutnya adalah sebagai
berikut:
a. Membangun Masjid Nabawi di Madinah
     Utsman bin Affan mengadakan rehabilitasi (perluasan dan perbaikan) masjid
Nabawi. Masjid tersebut diperluas dan bangunannya diperindah. Tiang-tiangnya
diganti beton. Sebagian dinding-dindingnya diukir dengan ukiran-ukiran yang indah.

b. Pengumpulan dan Penulisan Al-Qur'an
     Mengumpulkan dan membukukan Al Qur'an merupakan usaha lanjutan dari
khalifah sebelumnya. Pada tahun 26 H, Utsman bin Affan lebih menitikberatkan pada
penulisan Al-Qur'an. Beliau membentuk panitia yang diketuai oleh Zaid bin Tsabit,  sekretaris Rasulullah. Selain itu, ia juga seorang sahabat yang hafal Al-Qur'an.
Sebagai anggota ditunjuk Abdullah bin Zubair, Sa'ad bin Abi Waqqash dan
Abdurrahman bin Harits bin Hisyam. Tim ini kemudian membukukan Al-Qur'an.
Pembukuan tersebut kemudian dikenal dengan "Mushaf atau Al Mushaf". Al Mushaf
tersebut ditulis sejumlah lima buah. Empat buah dikirim ke daerah-daerah Islam, di
antaranya dikirim ke Mekkah, Syiria, Basrah, dan Kufah. Satu disimpan di Madinah
dan dipegang oleh Khalifah Utsman sendiri. Al Mushaf yang dipegang oleh Khalifah
Utsman bin Affan, kemudian disebut "Mushaf Utsmani atau Mushaf Al Imam".

F. Khalifah Utsman bin Affan r.a Wafat
Dalam memilih para pejabat yang membantu beliau memerintah, sebagian besar
masih merupakan famili atau keluarga dekat. Pengawasan terhadap perilaku pejabat
kurang sekali mendapat pengawasan. Hal ini mungkin karena khalifah yang sudah lanjut
usia. Beliau juga percaya dengan para pejabat yang masih merupakan keluarga. Banyak
keluhan masyarakat yang tidak sampai ke telinga beliau. Hal itu menjadikan resah dan
protes masyarakat. Puncak keresahan ini adalah terjadinya pemberontakan-
pemberontakan terhadap Khalifah. Pemberontakan-pemberontakan itu jugalah yang
akhirnya mengakhiri hidup beliau pada tahun 35 H/656 M.


Penulis: SYAIHUDDIN, S. Pd
Alamat: Kertosono Ramah, Gading- Probolinggo

#SKI
#Khalifahustmanbinaffan
#ShahabatNabiMuhammadSaw

Sabtu, 18 Februari 2023

Seminar Al-Qur'an dan Naharul Qori'ah-TPQ JAMQUR Kraksaan-Probolinggo oleh Prof. Dr.KH. Said Aqil Al-Munawwar-Jakarta.

Kraksaan-Ahad, 18 Pebruari 2023

بسم الله الرحمن الرحيم 
Seminar Al-Qur'an dan Naharul Qori'ah oleh JAMQUR/TPQ Kraksaan-Probolinggo dalam rangka merayakan 1 Abad NU Menuju Peradaban Baru, semoga dengan adanya pelaksanaan Seminar Al-Qur'an ini Indonesia akan lebih maju, jaya dan selalu selamat dalam Lindungan Alloh SWT, amiin!

Tempat Seminar: Kantor Madagaripura Bupati Kraksaan Probolinggo.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِ نَّا لَهٗ لَحٰـفِظُوْنَ
"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."
(QS. Al-Hijr 15: Ayat 9).


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ مُّصَدِّقُ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنْذِرَ اُمَّ الْقُرٰى وَمَنْ حَوْلَهَا ۗ وَا لَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِا لْاٰ خِرَةِ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَهُمْ عَلٰى صَلَا تِهِمْ يُحَا فِظُوْنَ
"Dan ini (Al-Qur'an), Kitab yang telah Kami turunkan dengan penuh berkah; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang-orang yang beriman kepada (kehidupan) akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan mereka selalu memelihara sholatnya."
(QS. Al-An'am 6: Ayat 92).

Menurut 
Prof. Dr.KH. Said Aqil Al-Munawwar Orang yang Ahli Al-Qur'an dan Sholat akan diberikan Ketenangan hati dan tidak bersedih hati.
Sebagaimana yang Alloh SWT firmankan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَ قَا مُوا الصَّلٰوةَ وَاٰ تَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ
"Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 277).

Foto bersama setelah Seminar Al-Qur'an bersama Penyaji.

Prof. Dr.KH. Said Aqil Al-Munawwar bercerita:
1. Saat Beliau Umur 3 pandai baca Al-Qur'an;
2. Umur 4 tahun Khatam Al-Qur'an;
3. Jangan main yang sia-sia;
4. Umur 5 thn jadi Qori'.
5. Waktu kosongnya diisi dengan belajar Al-Qur'an+belajar yang positif lainnya;
6. Pernah di Madinah 76 s.d 79 (beasiswa).
7. Dengan Al-Qur'an kita bisa selamat di dunia - akhirat.
8. Memahami isi kandungan Al-Qur'an agar berguna diri, keluarga dan lingkungan;
9. Membaca Al-Qur'an yang isi kandungannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar kita;
10. Jumlah huruf Al-Qur'an 327.217 ribu huruf di dalam Al-Qur'an;
11. Belajar Al-Qur'an harus langsung belajar pada Guru agar tidak salah, Ahkamul Hurufnya, Makharijul Hurufnya, Sifatul Hurufnya dan Harokatnya.
12. Orang yang Hafal Al-Qur'an pasti Cerdas.
13. Orang yang Hafal Al-Qur'an punya  Ketenangan Jiwa, Mulia dunia - akhirat.
14. Orang yang Hafal Al-Qur'an jasadnya tidak akan rusak sampai hari Qiamat.
15. Orang tua penghafal Al-Qur'an akan diberi Mahkota 👑 oleh Alloh SWT di Padang Mahsyar lewat anaknya yang Hafal Al-Qur'an besok di akhirat;
16. Kita harus mengamalkan apa yang telah kita ketahui agar tidak sia-sia;
17. Kecerdasan Imam Syafi'i adalah separuh dunia ini;
18. Kecerdasan Otak kita Sama seperti pisau yang selalu bisa diasah ketajamannya. Artinya otak kita selalu dilatih menghafal Al-Qur'an, dan ilmu lainnya;
19. 77.994 kalimat di dalam Al-Qur'an.
 20. Belajar dan Al-Qur'an & IPTEK.
Semoga hasil Seminar ini bermanfaat dan barokah untuk kita Ummat Islam, Agama (khususnya NU), Bangsa dan Negara NKRI Tercinta, Amiin! Al-Faatihah....
Penulis: SYAIHUDDIN, S. Pd
#BelajarAlQur'an
#MenghafalAlQur'an
#TPQ
#JAMQUR







Rabu, 15 Februari 2023

TELAAH SOAL TRY OUT 1, TRY OUT 2 dan SOAL UM_MI Se-Kecamatan Gading-Probolinggo 2023, serta JADWAL GLOBAL UJIAN.

بسم الله الرحمن الرحيم.
Gading, Rabu 15 Pebruari 2023 Team          Pembuat Soal Try Out 1, Try Out 2 dan Soal UM sedang mengadakan "Telaah Soal" atau revisi bersama sebelum diujikan pada murid kelas 6.
Pelaksanaan "Telaah Soal" tersebut dilaksanakan di Aula Lt.2 MI. Nuraniyah-Nogosaren-Gading.
Team Pembuat Soal Ujian di atas terdiri dari semua Guru Kelas 6 Se-Kecamatan Gading-Probolinggo, dan  masing-masing Mapel (Mata Pelajaran) ada kelompok pembuatan soalnya sesuai dengan keputusan rapat KKG Gading yang kebetulan di laksanakan di MI. Tarbiyatul Muta'allimin Prasi-Gading-Probolinggo  sekitar 10 hari sebelumnya.

JADWAL GLOBAL UJIAN MI KECAMATAN GADING - PROBOLINGGO 2023.
Pelaksanaan Try Out 1 insyaAlloh tanggal 06 s.d 11 Maret 2023.
Try Out 2 tanggal 01 s.d 06 Mei 2023.
UM tanggal 15 s.d 31 Mei 2023.


Minggu, 05 Mei 2019

BAYAR FIDYAH (Tebus)-IBU MENYUSUI

BAYAR FIDYAH (Tebusan)-IBU MENYUSUI
_ Bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman:

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍ ۗ  فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ  وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ ۗ  فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ  ۗ  وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّـکُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
"(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 184).


Dalam bahasa Arab kata “fidyah” adalah bentuk masdar dari kata dasar “fadaa”, yang artinya mengganti atau menebus. Adapun secara terminologis (istilah) fidyah adalah sejumlah harta benda dalam kadar tertentu yang wajib diberikan kepada fakir miskin sebagai ganti suatu ibadah yang telah ditinggalkan.

Misalnya, fidyah yang diberikan akibat ditinggalkannya puasa Ramadhan oleh orang lanjut usia yang tidak mampu melaksanakannya, atau oleh keluarga orang yang belum sempat meng-qadha atau mengganti puasa yang ditinggalkannya (menurut sebagian ulama). Dengan memberikan fidyah tersebut, gugurlah suatu kewajiban yang telah ditinggalkannya.

Bagi wanita yang tidak bepuasa karena hamil atau menyusui maka ia diperkenankan untuk tidak berpuasa. Jika ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap dirinya sendiri atau pada diri dan bayinya maka ia hanya wajib mengganti puasanya setelah bulan Ramadhan dan tidak ada kewajiban membayar fidyah. Jika ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap anak atau bayinya saja maka ia wajib meng-qadha dan membayar fidyah sekaligus.

Berapakah besarnya fidyah? Untuk dapat mengetahui berapa besar fidyah bagi tiap orang miskin yang harus diberi makan tersebut, dapat dilihat pada beberapa nash hadits yang digunakan sebagai rujukan:

Dalam hadits riwayat Daruquthniy dari Ali bin Abi Thalib dan dari Ayyub bin Suwaid, menyatakan perintah Rasulullah SAW kepada seorang lelaki yang melakukan jima' atau berhubungan badan dengan istrinya di suatu siang di bulan Ramadhan untuk melaksanakan kaffarat atau denda berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Dalam hadits menyebutkan bahwa karena laki-laki tersebut tidak mampu melakukan itu maka ia harus membayar denda 1 araq (sekeranjang) berisi 15 sha' kurma. Satu Sha'  terdiri dari 4 mud, sehingga kurma yang diterima oleh lelaki itu sebanyak 60 mud, untuk diberikan kepada 60 orang miskin (untuk mengganti puasa dua bulan). Sedangkan 1 mud sama dengan 0,6 kilogram atau 3/4 liter.

Oleh sebab itu, besamya fidyah yang biasa diberikan kepada fakir miskin sekarang ini adalah 1 mud = 0,6 Kg atau 3/4 liter beras untuk satu hari puasa.

Berbagai pendapat lain yang juga menyatakan besarnya fidyah –dengan menggunakan sebuah nash hadits sebagai rujukan– kami anggap lemah. Lantaran hadits yang digunakannya telah dinilai oleh muhhadditsin (para penyelidik hadits) sebagai hadits dhaif. Sedangkan yang menggunakan dasar qiyas (analogi) pun, kami anggap lemah lantaran bertentangan dengan nash hadits.

Beberapa pendapat lain tentang besamya fidyah tersebut yakni:
(1) pendapat yang menyatakan bahwa besarnya fidyah itu sebesar 2,8 Kg bahan makanan pokok, beras misalnya. Dimana pendapat ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Dawud dari Salmah bin Shakhr, yang menyatakan bahwa dalam peristiwa seorang lelaki berbuat jima' pada siang hari di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW menyuruh lelaki itu untuk memberikan 1 wasaq kurma, dimana 1 wasaq terdiri dari 60 sha, sehingga setiap orang miskin akan mendapatkan kurma sebanyak 1 sha.

(2) pendapat yang menyata¬kan bahwa besamya fidyah tersebut sebanyak 1/2 sha bahan makanan pokok, dengan dasar hadits riwayat Ahmad dari Abu Zaid Al Madany, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kepada seorang lelaki yang berbuat dzihar (menyamakan isteri dengan ibunya) untuk memberikan 1/2 wasaq kurma kepada 60 orang miskin, dan

(3) pendapat yang menyatakan bahwa besarnya fidyah itu sama dengan fidyah atas orang yang bercukur ketika sedang ihram, yakni sebesar 1/2 sha atau 2 mud.

Tiga pendapat itu dinilai lemah. Dalil-dalil yang kuat menunjukkan besarnya fidyah yang biasa diberikan kepada fakir miskin sekarang ini adalah 1 mud atau 0,6 Kg atau 3/4 liter beras untuk satu hari puasa.

*FIDYAH BOLEH dengan UANG
Fidyah adalah pengganti dari suatu ibadah yang telah ditinggalkan, berupa sejumlah makanan yang diberikan kepada fakir miskin.

Dengan mengamati definisi dan tujuan fidyah yang merupakan santunan kepada orang-orang miskin, maka boleh saja memberikan fidyah dalam bentuk uang. Lantaran bagaimana jika orang miskin tersebut, sudah cukup memiliki bahan makanan. Bukankah lebih baik memberikan fidyah dalam bentuk uang, agar dapat dipergunakannya untuk keperluan lain.

Oleh sebab itu, dapat diambil kesimpulan akhir bahwa kewajiban fidyah boleh dilaksanakan dengan mengganti uang, jika sekiranya lebih bermanfaat. Namun, jika ada indikasi bahwa uang ter¬sebut akan digunakan untuk foya-foya, maka kita wajib memberi¬kannya dalam bentuk bahan makanan pokok.


Penulis: SYAIHUDDIN, S. Pd
Alamat Kertosono Ramah Gading-Probolinggo.

#Ramadhan
#Bayarfidyahtebusanbagiibumenyusui
#ibumenyusui




RANGKUMAN AQIQAH AKHLAQ Semester 2 Kelas 6

Pelajaran 6 KALIMAT TAHLIL (لااله الا الله) Kecakapan Hidup Setelah mempelajari pelajaran kalimah tahlil kamu diharapkan dapat m...